Selasa, 08 Agustus 2017

Cara Dapat Kacamata Gratis Pakai Kartu BPJS Kesehatan

Cara Dapetin Kacamata Gratis Pakai Kartu BPJS

Gimana sih caranya dapetin kacamata gratis pakai kartu BPJS ? dan bisa gak ya kalau kacamata yang diinginkan harganya lebih mahal dari ketentuan harga yang diberikan oleh BPJS ? jawabnya BISA !!

Sepengalaman pribadi saya pernah menggunakan kartu BPJS untuk mendapatkan fasilitas kacamata gratis (tentunya sesuai dengan prosedur dan ketentuan BPJS). Awalnya saya memang sudah memiliki gangguan penglihatan dan sudah memakai kacamata sebelumnya, minus dan silinder kanan kiri "1".

Dulu saat pertama kali membeli kacamata tidak diperiksa terlebih dahulu ke dokter specialis mata, tapi langsung ke optik. Sebenarnya disana juga bisa dicek kondisi matanya tanpa perlu pergi ke dokter sekaligus bisa membeli kacamata yang sesuai. Waktu itu saya bayar 1,7 juta untuk kacamata yang saya inginkan. Tapi karena sudah lebih dari dua tahun rasanya kacamata yang saya gunakan sudah tidak sejelas dulu, itu artinya minus saya kemungkinan bertambah dan harus tukar lensa.

Saya pikir terlalu boros jika langsung tukar ke optik, dan saya memilih untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke klinik dan minta rujukan ke dokter specialis mata menggunakan kartu BPJS. Setibanya di klinik saya ditanya ada keluhan apa? dan saya menjawab mau periksa mata untuk membeli kacamata. Lalu saya diberi surat rujukan ke poli specialis mata, disana mata dicek secara manual dan digital supaya hasil yang didapat akurat.

Hasil tes mata sudah keluar, ternyata minus dan silinder saya naik masing - masing menjadi "1.50" pantas saja penglihatan saya kabur - kaburan. kemudian saya mendapat rujukan lagi untuk tebus kacamata di optik.


Ada empat rujukan optik dari BPJS yang saya terima, dari keempat optik tersebut terserah kita mau pilih optik yang mana. Biasanya orang akan memilih optik yang dekat dan bisa dijangkau supaya lebih mudah dalam urusan pengambilan kacamata. dan pilihan saya jatuh ke Optik International yang letaknya tidak jauh dari kantor saya bekerja.


Setibanya di optik,  sebenarnya bebas menginginkan kacamata yang diinginkan asalkan bersedia membayar selisih diluar tanggungan dari BPJS. Atau jika kita tidak ingin membayar lebih maka bisa mengikuti ketentuan maksimum harga yang diberikan oleh BPJS (masing - masing tergantung kelas BPJS yang diikuti).

Kali ini saya tidak ingin membayar lebih karena mengikuti ketentuan harga dari BPJS. Perlu waktu dua minggu untuk optik menyiapkan kacamata pesanan saya (dan saya suka dengan pelayanan mereka, mereka tidak membedakan pengguna BPJS dan pribadi, mereka tetap profesional, ramah dan sabar).


Yeayyyy akhirnya waktu yang dinanti - nanti tiba, saya dapat kabar melalui SMS bahwa pesanan kacamata sudah jadi dan bisa diambil. Gak perlu waktu lama hari itu juga saya samperin kesana, dan ini dia TARAAAAAA... 


Ini kacamata saya yang lama.. (akan selalu dihati, tak ingin terpisahkan rasanya hahhaha)


Terima kasih BPJS, terima kasih Optik International

Karena kalian saya bisa melihat indahnya dunia, GOMAWO.. !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar